Pusar bayi

Apakah bayi dilahirkan dengan pusar?

Bayi lahir dengan tombol perut - semacam.

Bayi sebenarnya lahir dengan tali pusat yang menempel pada plasenta. Di dalam rahim, tali ini mengirim oksigen dan nutrisi ke bayi melalui titik di perut mereka. Tali pusat juga membawa limbah jauh dari bayi.

Begitu bayi lahir, mereka bisa bernafas, makan, dan membuang sampah sendiri, sehingga tali pusar dipotong.

Tertinggal beberapa sentimeter tali pusar yang disebut tunggul, yang perlahan akan mengering dan rontok seperti keropeng. Di bawah keropeng itulah yang akan menjadi pusar bayi Anda.
Bagaimana tali umbilical dihilangkan?

Untuk memotong tali pusat, dokter menjepitnya di dua tempat dan memotong di antara kedua klem. Ini mencegah terlalu banyak pendarahan.

Tali pusar tidak memiliki saraf, sehingga tidak sakit ketika tali pusat dijepit, sama seperti memotong rambut atau memotong kuku Anda tidak menyakitkan.

Namun, tunggul tali pusat masih menempel pada jaringan hidup di perut bayi Anda, jadi Anda ingin sangat berhati-hati dengan tunggul dan daerah sekitarnya.
Merawat pusar bayi yang baru lahir

Cara terbaik untuk merawat tunggul tali pusat adalah dengan menjaganya agar tetap bersih dan kering sampai jatuh dengan sendirinya.

Agar tetap bersih, Anda tidak perlu mencucinya secara teratur. Sebaliknya, Anda harus menghindari kotor.

Menjaga tunggul kering adalah cara terbaik untuk mempromosikan penyembuhan yang sehat dan istirahat alami.

Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan pusar bayi yang baru lahir:

    Jika kabelnya basah, tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan kain lap bayi yang bersih. Anda juga dapat mencoba menggunakan Q-tip, tetapi hindari terlalu agresif atau menggosok tunggulnya. Anda tidak ingin tunggulnya ditarik sebelum siap.
    Lipat ke bawah popok bayi Anda untuk menjauhkannya dari tunggulnya. Beberapa popok bayi yang baru lahir datang dengan sedikit sendok di desain untuk mencegah popok menggosok terhadap tunggul.
    Gunakan pakaian katun bersih pada bayi Anda yang baru lahir dan tombol perut penyembuhan mereka. Tidak apa-apa untuk menarik pakaian ringan di atas tunggul, tetapi menghindari yang terlalu ketat, atau kain yang tidak bernafas dengan baik.

Mandi spons adalah yang terbaik ketika Anda menunggu tunggul tali pusat jatuh dengan sendirinya, karena Anda dapat dengan mudah menghindari mencuci daerah di sekitar tunggul.

Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus mencuci bayi Anda. Kulit mereka sensitif dan tidak perlu dibersihkan setiap hari.

Memandikan bayi dengan tunggulnya masih menempel:

    Taruh handuk mandi yang bersih dan kering di lantai di bagian rumah yang hangat.
    Baringkan bayi telanjang Anda di atas handuk.
    Basahi kain lap bayi bersih dengan bersih dan rekatkan agar tidak basah kuyup.
    Bersihkan kulit bayi Anda dengan sapuan lembut, hindari pusar.
    Fokus pada lipatan leher dan ketiak, tempat susu atau susu formula sering terkumpul.
    Biarkan kulit bayi mengering selama mungkin, lalu keringkan.
    Berpakaianlah bayi Anda dengan pakaian katun bersih yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tali pusar jatuh?

Tiang tali pusat biasanya jatuh dalam satu sampai tiga minggu setelah lahir. Bicaralah dengan dokter Anda jika tunggul kabel tidak jatuh dalam waktu tiga minggu, karena ini bisa menjadi pertanda masalah mendasar.

Sementara itu, waspadalah terhadap tanda-tanda infeksi, kejadian yang tidak biasa. Jika Anda menemukan nanah, pendarahan, pembengkakan, atau perubahan warna, hubungi dokter Anda segera.

Ketika pusar benar-benar sembuh, tunggul akan mudah jatuh dengan sendirinya. Beberapa orang tua menyimpan tunggul sebagai pengingat nostalgia dari koneksi bayi ke ibu.

Setelah tunggul jatuh, tidak perlu waktu lama bagi pusar untuk terlihat seperti pusar. Mungkin ada beberapa darah atau luka masih, karena tali pusat itu seperti keropeng.

Jangan pernah mengambil pusar atau tali pusar bayi yang baru lahir karena ini dapat menyebabkan infeksi atau mengiritasi area tersebut. Anda akan dapat melihat perut imut itu segera.
Membersihkan pusar

Setelah tunggul jatuh, Anda bisa memberi bayi Anda mandi yang layak. Anda tidak perlu membersihkan pusar lebih atau kurang dari sisa tubuh bayi.

Anda dapat menggunakan sudut kain lap untuk membersihkan bagian pusar, tetapi Anda tidak perlu menggunakan sabun atau menggosok terlalu keras.

Jika pusar masih terlihat seperti luka terbuka setelah kabelnya jatuh, hindari menggosoknya sampai sembuh sepenuhnya.
Apa yang menyebabkan "innies" dan "outies"

Beberapa bayi memiliki tombol perut yang keluar karena itulah bagaimana jaringan kulitnya sembuh. Ini sering disebut tombol perut “outie”, versus “innie” yang terlihat seperti lesung pipit yang dalam.

Tombol perut mungkin atau mungkin tidak permanen, tetapi tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya atau mengubahnya.
Komplikasi tombol perut

Kadang-kadang, pusar adalah tanda adanya hernia umbilical. Ini terjadi ketika usus dan lemak mendorong melalui otot perut di bawah pusar.

Hanya dokter yang dapat mendiagnosa hernia nyata. Hernia umbilical biasanya tidak menyakitkan atau bermasalah, dan mereka sering mengoreksi diri dalam beberapa tahun.

Komplikasi potensial lain dengan pusar sebelum tali pusat jatuh adalah omphalitis. Ini adalah infeksi yang langka tetapi mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan darurat. Waspadalah terhadap tanda-tanda infeksi, seperti:

     nanah
     kemerahan atau perubahan warna
     perdarahan persisten
     bau busuk
     kelembutan pada tunggul atau pusar

Sebuah granuloma umbilikal mungkin muncul beberapa minggu setelah tunggul kabel jatuh. Ini adalah benjolan merah jaringan tanpa rasa sakit. Dokter Anda akan memutuskan apakah dan bagaimana mengobatinya.
The takeaway

Tombol perut bayi adalah pekerjaan yang sedang berlangsung setelah tali pusat dan beberapa minggu TLC.

Untungnya, ada risiko rendah jika ada yang salah dengan pusar bayi yang baru lahir. Tetap bersih dan kering, dan biarkan alam mengambil jalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar