Mengapa Bayi baru Lahir Mengorok

Apakah ini normal?

Mungkin terdengar aneh bagi Anda, tetapi sesekali mendengus datang dari bayi yang baru lahir Anda adalah normal.

Sebagai orang tua baru, Anda mendengarkan setiap suara kecil dan gerakan yang dilakukan bayi Anda. Seringkali, suara dan desisan bayi yang baru lahir Anda tampak begitu manis dan tidak berdaya. Tetapi ketika mereka menggerutu, Anda mungkin mulai khawatir bahwa mereka kesakitan atau butuh bantuan.

Grunting baru lahir biasanya berhubungan dengan pencernaan. Bayi Anda cukup terbiasa dengan susu atau formula ibu. Mereka mungkin memiliki gas atau tekanan di perut mereka yang membuat mereka merasa tidak nyaman, dan mereka belum belajar bagaimana cara mengatasinya.

Sementara kebanyakan mendengus normal, jika bayi Anda mendengus dengan setiap napas, demam, atau tampak kesusahan, temui dokter Anda.

Mendengus ini bisa menjadi tanda masalah pernafasan yang lebih serius dan membutuhkan perhatian segera.
Penyebab mendengus baru lahir

Ketika bayi Anda mendengus, biasanya itu berarti mereka sedang belajar bagaimana cara buang air besar. Mereka belum menemukan cara untuk melemaskan lantai panggul sementara juga menggunakan tekanan perut untuk memindahkan tinja dan gas melalui sistem mereka. Otot perut mereka lemah, dan mereka harus menahan dengan diafragma mereka terhadap kotak suara tertutup mereka (glotis). Ini menyebabkan suara mendengus.

Mereka akan mendengus sampai mereka bisa mengetahuinya, jadi mungkin diperlukan beberapa bulan bagi bayi Anda untuk menghasilkan gerakan usus atau mengeluarkan gas tanpa mendengus. Beberapa orang menyebutnya sindrom bayi mendengus (GBS). Yakinlah, itu cukup umum dan jarang ada pertanda sesuatu yang serius.

Bayi juga terlihat seperti sedang tegang, dan kepala bayi yang baru lahir dapat berubah warna menjadi ungu atau merah. Ini dapat berlangsung selama beberapa menit, menurut sebuah artikel di Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition (JPGN).

Ini tidak harus bingung dengan konstipasi. Sistem bayi Anda bekerja dengan benar untuk menghasilkan kotoran. Bayi Anda belum tahu cara memindahkannya. Sementara mendengus tidak menyenangkan, bayi Anda hanya perlu terbiasa dengan dunia barunya.
Obatnya

Anda harus mengkonfirmasi dengan dokter Anda bahwa bayi Anda mendengus normal.

Jika bayi mendengus Anda hanya belajar bagaimana memiliki gerakan usus, satu-satunya obat yang benar adalah untuk bayi yang baru lahir Anda untuk belajar bagaimana untuk bersantai anus mereka sambil mendorong dengan perut mereka. Ini adalah sesuatu yang akan dipelajari bayi Anda dengan waktu melalui trial and error.

Beberapa dokter menyarankan agar orang tua membantu bayi mereka dengan memberikan rangsangan anal. Ini melibatkan penggunaan termometer anal atau sepotong kapas untuk membantu merangsang usus. Meskipun metode ini biasanya berfungsi untuk membantu bayi Anda mengalami buang air besar, itu mungkin memiliki efek samping negatif dalam jangka panjang. Bayi Anda mungkin akhirnya menjadi tergantung pada metode ini untuk buang air besar. Menurut JPGN, penggunaan berulang dari metode ini akan menunda kemampuan bayi Anda untuk mempelajari proses yang benar untuk buang air besar.

Dalam kebanyakan kasus, mendengus dimulai pada bulan-bulan pertama kehidupan dan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Setiap bayi berbeda. Itu semua tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi bayi Anda untuk menguasai koordinasi gerakan ususnya.
Kapan harus khawatir

Mendengus anak yang sehat belajar bagaimana menangani pencernaan berbeda dari mendengus bayi yang sakit.

Mendengus dengan setiap napas tidak pernah normal. Mendengus di ujung setiap napas bisa menjadi tanda gangguan pernapasan.

Jika bayi Anda sering mendengus dan juga memiliki tanda-tanda penyakit lain, seperti demam, atau tampak kesusahan, temui dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda kondisi medis yang serius dan membutuhkan perhatian segera.

Mendengus dengan nafas bisa menjadi tanda:

    asma
    pneumonia
    sepsis
    meningitis
    gagal jantung (yang menyebabkan cairan menumpuk di paru-paru dan sesak nafas)

Periksa tanda-tanda lain gangguan pernapasan atau penyakit untuk menentukan apakah bayi Anda mendengus normal atau tanda masalah lain. Tanda-tanda lain masalah pernapasan meliputi:

    lidah atau kulit biru
    penurunan berat badan
    demam
    kelesuan
    menyembur hidung
    berhenti bernapas

The takeaway

Menonton dan mendengar perjuangan bayi Anda mungkin sulit, tetapi pada akhirnya, penting untuk membiarkan mereka mengetahuinya sendiri.

Grunting mungkin tampak sedikit menakutkan, tetapi biasanya melayani tujuan yang sangat berguna dan sehat untuk bayi Anda. Jika bayi Anda sehat, aktif, tampak bahagia, dan makan dengan baik, mendengus jarang merupakan tanda penyakit.

Temui dokter Anda untuk pemeriksaan jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang bayi mendengus Anda.

Dan perlakukan dengkuran dengan setiap napas sebagai darurat medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar