Kotoran Bayi Anda Memberitahu Anda Tentang Kesehatan Mereka

Di antara orang tua bayi yang baru lahir, beberapa hal menghasilkan diskusi sebanyak kotoran. Di kantor saya, orang tua mendokumentasikan dan memiliki pertanyaan tentang bangku bayi mereka: frekuensi, jumlah, warna, konsistensi, bau, dan kadang-kadang, perasaan.

Tetapi meskipun obsesif mereka, orang tua bijaksana untuk fokus pada bangku. Itu bisa memberi tahu mereka sedikit tentang kesehatan bayi mereka.

Pelajaran terpenting adalah bahwa ada variasi luas pada kotoran bayi yang baru lahir, tidak hanya dari bayi ke bayi, tetapi juga dari hari ke hari pada bayi yang sama. Bayi Laura yang memiliki sembilan tinja berwarna kuning, mustardy, dan berbau ringan setiap hari adalah normal. Tetapi begitu juga tetangganya, Baby Luke, yang memiliki satu bangku setiap dua hari sekali yang berwarna hijau, berbau buruk, lebih longgar daripada Laura, dan mengisi popok.

Jadi kebanyakan deskripsi kotoran bayi pada akhirnya akan jatuh ke kisaran normal. Kuncinya adalah mengidentifikasi tinja yang abnormal dan diskusikan hal ini dengan dokter bayi Anda. Mari kita lihat masing-masing karakteristik yang disebutkan di atas.
1. Frekuensi

Ini adalah karakteristik yang paling disebutkan oleh orang tua, dan yang paling bervariasi. Saya memberi tahu orang tua bahwa saya jarang peduli tentang seberapa sering bayinya yang baru lahir, asalkan keluar dengan lembut dan tanpa rasa sakit. Tidak masalah jika mereka pergi tujuh kali sehari atau setiap tujuh hari sekali. Selama tinja lunak dan tidak sakit, tidak apa-apa.

Bayi yang diberi ASI cenderung buang air lebih sering pada hari-hari awal setelah kelahiran, tetapi bahkan bayi yang diberi ASI dapat memiliki tinja yang jarang. Jika bayi baru lahir tidak merasakan sakit dan tinja lunak, maka tidak ada perubahan dalam diet ibu atau tindakan terapeutik pada bayi yang harus dicoba.
2. Jumlah

Demikian pula, jumlahnya sangat bervariasi. Namun, ada gangguan langka yang dapat mengurangi atau bahkan mencegah pengeluaran kotoran. Bagian yang sangat tertunda dari bangku pertama bayi dapat menunjukkan beberapa masalah medis. Jika ini terjadi, pastikan untuk bertanya kepada dokter bayi Anda tentang hal itu.

Setelah beberapa hari pertama, jumlah tinja biasanya berkorelasi langsung dengan jumlah ASI atau susu formula yang digunakan bayi. Jika Anda khawatir bahwa jumlah dalam tidak berkorelasi dengan jumlah, garis bawahnya selalu tumbuh. Jika bayi tumbuh dengan baik, tampaknya konten, tidak memiliki perut yang semakin menonjol, tampak puas setelah makan, dan berkembang secara normal, maka semuanya baik-baik saja.
3. Warna

Dalam beberapa hari pertama setelah lahir, tinja mungkin masih terutama mekonium. Itu adalah bangku hitam, kering, lengket yang dibuat bayi saat di dalam rahim. Tapi ini cepat berubah menjadi warna yang lebih "normal" dari kuning atau coklat.

Orang tua tampaknya sangat khawatir ketika tinja berwarna hijau atau coklat gelap. Tetapi saya memberi tahu orang tua bahwa hanya ada tiga warna bangku yang perlu dikhawatirkan pada bayi baru lahir: merah, hitam, dan putih.

Kotoran merah menunjukkan perdarahan, yang mungkin disebabkan oleh alergi protein susu atau masalah seperti wasir atau fisura anus, yang merupakan luka kecil pada anus.

Tinja hitam menunjukkan darah yang lebih tua, dari sumber yang lebih tinggi di saluran pencernaan, seperti perdarahan dari kerongkongan atau bahkan menelan darah dari puting ibu.

Tinja putih (atau abu-abu atau berwarna tanah liat) dapat mengindikasikan masalah dengan hati. Bayi dengan masalah hati biasanya juga mengalami penyakit kuning (berkulit kuning). Karena hal ini sulit untuk dilihat pada bayi berkulit gelap, dan karena banyak bayi yang sakit kuning, tinja keputihan biasanya adalah tanda kunci bahwa ada sesuatu yang salah. Pastikan untuk segera menghubungi dokter Anda jika bayi Anda menghasilkan tinja putih.
4. Konsistensi

Setelah tinja mekonium dilewatkan, tinja yang baru lahir paling sering digambarkan memiliki konsistensi mustard. Dengan waktu, tinja akan menjadi lebih terbentuk.

Bayi yang diberi ASI biasanya memiliki tinja yang lebih lembut daripada bayi yang diberi susu formula. Tinja mereka juga bisa menjadi seedier. "Benih" kecil ini adalah lemak susu yang belum dicerna, yang sepenuhnya normal. Kotoran bayi yang diberi susu formula biasanya sedikit lebih kencang, seringkali konsistensi selai kacang.

Tinja yang sangat kendur dan berair dapat menandakan bahwa bayi tidak menyerap nutrisi sebagaimana seharusnya. Ini bisa terjadi pada alergi protein susu atau kondisi yang lebih serius lainnya. Kadang-kadang ini disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi ini biasanya viral, dan sembuh tanpa obat, tetapi bayi yang baru lahir dapat rentan terhadap dehidrasi dalam kasus ini. Pastikan untuk menghubungi dokter Anda jika bayi Anda kelihatan sakit.

Kotoran yang sangat keras dapat menunjukkan konstipasi yang benar. Ini mungkin disebabkan oleh masalah medis, tetapi lebih mungkin disebabkan oleh sesuatu yang jinak seperti formula yang tidak tepat.

Demikian juga, lendir dalam tinja mungkin merupakan tanda infeksi atau pencernaan yang tidak tepat, atau mungkin karena formula yang tidak menyenangkan. Hubungi dokter anak Anda jika Anda melihat lendir di kotoran bayi Anda.

Jika Anda melihat tanda-tanda peringatan ini atau khawatir tentang konsistensi tinja bayi Anda, diskusikan hal ini dengan dokter anak Anda. Ambil gambar tinja di popok untuk menunjukkan seberapa longgar atau kerasnya mereka, atau bawa popok baru ke dokter

5. Bau

Dalam beberapa hari pertama, tinja bayi yang baru lahir memiliki sedikit bau. Ketika usus mereka dijajah dengan bakteri, tinja menjadi lebih bau. Ini adalah proses normal. Bayi yang diberi ASI biasanya tidak memiliki kotoran yang sangat bau, sementara bayi yang diberi susu formula sering memiliki bau yang lebih tajam. Secara umum, kotoran berbau busuk, dan tidak banyak yang bisa kita lakukan.

Dalam beberapa kasus, tinja yang sangat berbau busuk mungkin merupakan indikasi penyerapan nutrisi yang tidak memadai. Tetapi jika bayi tumbuh dengan baik dan warna tinja serta konsistensinya normal, maka ini mungkin saja normal.
6. Rasakan

Tidak perlu merasakan tinja.

Tapi kita bisa fokus pada bagaimana perasaan bayi, bukan bagaimana rasanya bangku. Semua bayi akan meringis dan wajahnya memerah saat buang air besar, terutama dalam beberapa bulan pertama. Ini normal. Tetapi jika bayi benar-benar menangis dengan setiap tinja, dan ini berlanjut, maka hubungi dokter Anda. Itu mungkin hanya tanda tinja yang lebih keras, tetapi mungkin menandakan masalah dengan anatomi rektum.
The Takeaway

Ada variasi besar pada kursi bayi yang baru lahir. Jika Anda khawatir, bicarakan dengan dokter bayi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar