Panduan Menyendawakan Bayi

Beberapa bayi lebih gendut daripada yang lain, tetapi kebanyakan bayi perlu dibaringkan di beberapa titik. Bayi perlu bersendawa lebih sering daripada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua. Mereka meminum semua kalori mereka, yang berarti mereka dapat menelan banyak udara.

Bersendawa bayi bisa penting siang dan malam. Kadang-kadang bayi tertidur saat makan dan Anda mungkin perlu menemukan cara untuk bersendawa saat mereka masih tidur. Sungguh luar biasa betapa banyak bayi yang baru lahir dapat tidur.

Bahkan jika bayi Anda tertidur, cobalah memakainya selama beberapa menit sebelum menempatkan mereka kembali tidur. Jika tidak, mereka membuat bangun kesakitan dengan gas yang terperangkap.

Namun, tidak semua bayi sendawa tidak peduli apakah mereka sendiri atau dengan bantuan Anda. Jika bayi Anda perlu disangga, baca terus untuk cara melakukannya bahkan ketika mereka sedang tidur.
Cara bersendawa bayi yang sedang tidur

Sangat umum bagi bayi untuk tertidur saat makan, apakah menyusui atau memberi susu botol. Saat perut mereka terisi dan mereka mulai gerakan menghisap yang menenangkan, mereka sering menjadi bahagia dan rileks dan cenderung hanyut.

Ini sangat mungkin terjadi pada malam hari ketika dorongan tidur mereka kuat. Tetapi bahkan jika si kecil terlihat puas dan benar-benar tertidur, untuk beberapa bayi penting bagi Anda untuk mencoba mengeluarkannya sebelum membaringkannya kembali.

Menyusui bayi yang sedang tidur pada dasarnya sama dengan bersendawa bayi yang terjaga. Anda mungkin bergerak lebih lambat untuk membantu mereka tetap tertidur. Beberapa posisi bersendawa sedikit lebih mudah untuk manuver dengan bayi yang sedang tidur.

Misalnya, banyak orang yang duduk tegak di atas lutut mereka sambil menopang kepala bayi dengan menggendong dagu. Posisi ini menggunakan gravitasi dan berat badan bayi sendiri untuk mengeluarkan udara. Namun, posisi ini lebih mungkin untuk membangunkan bayi, jadi Anda mungkin tidak ingin mencobanya jika tujuan Anda adalah untuk menjaga bayi tetap tertidur.

Untuk bersendawa bayi, mereka harus dalam posisi sedikit tegak sehingga Anda dapat menekan perut mereka. Jika bayi Anda tidak buang air besar setelah makan, Anda mungkin ingin mengganti popoknya sebelum memberi mereka makan di malam hari sehingga Anda tidak perlu membangunkan mereka jika mereka jatuh tertidur saat makan.

Berikut beberapa posisi untuk bersendawa bayi tidur:
Bersendawa di antara sisi-sisi yang berubah, atau mid-bottle
Bersendawa di antara sisi-sisi yang berubah, atau mid-bottle | Desain oleh Diego Sabogal

Bayi yang mengantuk dapat sangat menikmati makan mereka sehingga mereka makan berlebihan dan tidak menyadari bahwa mereka perlu istirahat untuk bersendawa. Bantu bayi Anda bersendawa lembut dan hindari nyeri gas besar dengan memperlambat makanan.

Bersendawa bayi antara sisi-sisi yang saling berganti di payudara atau sebelum mereka menyelesaikan botol mereka. Ini juga akan membantu bayi Anda membuat ruang untuk lebih banyak susu daripada bersendawa dan meludahkan makanan mereka.
Pegang pundakmu
Pegang pundakmu | Desain oleh Diego Sabogal

Jika Anda memberi makan bayi Anda dalam posisi semi-tegak, Anda dapat dengan lembut memindahkan mereka semua jalan tegak dan ke bahu Anda. Bayi dapat tetap tidur dalam posisi yang nyaman ini sementara tekanan dari bahu Anda menekan perut mereka untuk melepaskan gas. Jauhkan kain bersendawa di bahu Anda jika bayi Anda cenderung gumoh.
Pegang lebih rendah di dada Anda
Pegang lebih rendah di dada Anda | Desain oleh Diego Sabogal

Mirip dengan posisi sebelumnya, Anda dapat mengangkat bayi Anda dari semi-tegak untuk sepenuhnya tegak dan menjaga mereka di daerah dada atau sternum Anda. Ini mungkin paling nyaman jika Anda berada di sofa. Bayi suka meringkuk dengan kaki mereka dalam posisi katak (bonus bergerak untuk melepaskan lebih banyak gas dari pantat mereka) dan Anda dapat mendukung kepala mereka dan menunggu bersendawa yang akan datang.

Rock di lengan Anda ("sloth hold")
Rock di lengan Anda ("sloth hold") | Desain oleh Diego Sabogal

Setelah menyusui, Anda dapat perlahan-lahan mengubahnya dari Anda pada 45 derajat sehingga perut mereka bersandar di lengan bawah Anda. Dukung kepala mereka di lekuk siku Anda. Kaki mereka bisa menjuntai di kedua sisi lengan Anda. Posisi ini memberi tekanan pada perut mereka dan Anda dapat dengan lembut menepuk punggung mereka sampai mereka bersendawa. Anda dapat melakukan posisi ini sambil duduk atau berdiri.
Berbaring di lututmu
Berbaring di lutut Anda | Desain oleh Diego Sabogal

Jika Anda duduk di kursi, pindahkan bayi Anda ke posisi berbaring di perut mereka di lutut Anda. Anda dapat menggerakkan kaki Anda ke samping untuk menggoyangkannya dan dengan lembut menepuk atau menggosok punggung mereka sampai bersendawa datang. Bayi dapat tetap tidur di sini selama Anda ingin tetap duduk.

Apakah saya benar-benar perlu bersendawa bayi saya?

Bersendawa adalah salah satu dari banyak tugas yang dimiliki orang tua sampai anak mereka tumbuh menjadi lebih mandiri. Anak-anak dan orang dewasa dapat dengan mudah melepaskan gas mereka sendiri, tetapi banyak bayi membutuhkan bantuan karena mereka memiliki begitu sedikit kendali atas bagaimana posisi tubuh mereka.

Anda akan tahu dengan cepat jika bayi Anda adalah tipe yang bisa makan tanpa bersendawa atau jika perlu dikeringkan setiap saat. Jika bayi Anda memiliki banyak gas atau ludah, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang refluks.

Jika Anda memiliki bayi kolik tetapi Anda tidak bisa membuatnya bersendawa, fokuslah pada tindakan kenyamanan apa pun yang berhasil dan jangan terlalu khawatir untuk mengeluarkan sendawa. Satu penelitian menunjukkan bahwa bersendawa tidak akan membantu mengurangi kolik.

Apakah bayi Anda sering bersendawa di siang hari, mungkin akan sangat berguna untuk bersendawa setelah setiap kali menyusui di malam hari. Karena Anda sudah siap memberi makan bayi, manfaatkan waktu Anda dengan memberikan upaya kuat untuk bersendawa. Ini bisa membuat semua orang tidur lama setelah menyusui.

Tetes gas dan air gripe sudah tersedia di apotek tetapi tanyakan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan salah satu dari mereka. Suplemen ini tidak diatur untuk keamanan dan mungkin mengandung bahan berbahaya. Jika Anda memiliki bayi yang sangat rewel dan mengandung gas - apakah mereka sering muntah atau tidak - tanyakan dokter untuk mengatasi keterampilan. Sebagian besar bayi tumbuh setelah beberapa bulan.

Risiko tersedak ludah sangat jarang (kurang dari 1 persen). Tetap penting untuk tidak memberi makan bayi Anda secara berlebihan dan mencoba untuk bersendawa setelah setiap makan jika mereka mendapat manfaat dari itu.
Berapa lama bersendawa?

Bersendawa biasanya hanya membutuhkan satu atau dua menit. Kadang-kadang sendawa akan muncul segera setelah Anda menggerakkan bayi Anda tegak, dan kadang-kadang Anda harus menunggu beberapa saat dan membantu hal-hal dengan tepukan lembut atau tekanan perut.

Strategi lain yang membantu adalah membuat bayi Anda terbiasa tidur di tempat tidur mereka daripada saat menyusui. Ketika Anda melihat mereka mengantuk di dada atau botol, hentikan pemberian makan, bersendawa selama satu menit atau lebih, dan kemudian turunkan mereka untuk tidur. Semakin muda Anda memulai ini, semakin mudah melakukannya.

Jika bayi Anda sering kaku dan tidak nyaman, bicarakan dengan dokter mereka tentang bantuan lebih banyak untuk menghilangkan gas. Beberapa bayi dengan refluks yang buruk mungkin harus tetap tegak selama 30 menit setelah makan, siang atau malam.
Apa yang harus dilakukan jika bayi Anda tidak bersendawa

Jika bayi Anda tertidur, cobalah meminumnya sebentar sebelum Anda meletakkannya kembali. Kadang-kadang bayi tidak perlu bersendawa sebanyak di malam hari karena mereka makan lebih lambat dan tidak mendapatkan banyak udara saat menyusui.

Jika mereka bangun menangis, tenangkan mereka, periksa untuk melihat apakah mereka perlu popok bersih, beri makan lagi jika sudah waktunya, dan cobalah untuk bersendawa setelah memberi makan.
Penyebab gassiness pada bayi

Beberapa orang percaya bahwa bayi yang minum susu botol lebih mungkin untuk mengandung gas, tetapi bukti ini hanya anekdot. Botol bisa membuat bayi terkena udara lebih banyak saat mereka menelan ludah dan membuatnya lebih mudah untuk memberi bayi Anda lebih banyak. Tetapi setiap bayi berbeda dan bahkan bayi yang mendapat ASI bisa sangat mengandung gas - kadang karena mereka sensitif terhadap makanan dalam makanan ibu mereka.

Meskipun jarang, ibu yang menyusui mungkin harus sering bereksperimen sebelum mencari tahu apa yang mereka makan untuk menyebabkan perut bayi mereka sakit. Tidak ada penelitian yang matang untuk memberi tahu ibu apa sebenarnya yang menyebabkan kelebihan gas bayinya. Juga, banyak bayi dengan gas tidak terganggu olehnya.
Bawa pulang

Bersendawa adalah cara dasar tetapi penting agar Anda dapat menjaga bayi Anda dan membuatnya tetap nyaman. Bahkan jika bayi Anda tidur, bersendawa dapat membantu untuk memungkinkan mereka untuk melepaskan gas sehingga mereka tidak merasa tidak nyaman atau bangun terlalu cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar